Kamis, 15 Januari 2009

Ali Topan Wartawan Jalanan (2)


Penjual kaset obe mengeraskan volume kaset dagangannya untuk menarik perhatian orang-orang lagi.

Ali Topan cepat masuk ke sebuah toko, dan keluar dari pintu belakang, menuju ke perut pasar Melawai. Tubuhnya yang tinggi semampai enak saja menyelinap di antara orang-orang yang berbelanja.

Ali Topan hafal akan setiap gerak-gerik begitu banyak orang.dan lika-liku lorong pertokoan situ. Dengan cepat ia sampai di lorong tempat toko-toko tekstil. Bau ramuan kimia yang menguap dari kekainan membuat pedih hidung dan matanya. Segera pula ia ke luar dari lorong situ, menuju ke bagian belakang, tempat buah-buahan.

"Hallo, Boss. Manggisnya nih, item banget, isinya ditanggung caem deh. Beli dong bakal mertue ente," kata seorang penjual buah.
"Gue bukan boss," kata Ali Topan ke arah si penjual buah.
"Lu orang baru di sini ye?"
"Tau aja ente," kata orang itu sembari nyengir. Ali Topan juga nyengir.
"Jangan lagi tukang buah, ada ayam baru juga gue tau." Seorang tukang buah, tetangga si tukang buah yang pertama nyeletuk: ` Ah elu, Ding... ini die pembela rakyat Blok M nyang gue ceritain kemarenan... Lu kaga kenalin padahal udah gua bilangin potongannye, jahitannye, ampe cara mandangnye... Maen bas-bos bas-bos aje lu...," cerocos tukang buah itu. "Na die emang lurah sini. Ada tikus baru lahir juga mesti ngedap tar sama dienye," tukang buah itu itu terus memuji Ali Topan.
“Doi sedokur ogut, Pan... Baru kawin kerjaannye mirit kartu mulu, maka gua suruh ngikut dagang disini. Namanye Ending,” lanjutnya. "Ke mane boss? Nyobain duku dulu ah, Condet punya nih. Legit banget kayak anoan..."

Ali Topan mengambil segenggam duku yang disodorkan oleh tukang buah itu. "Mekasih ah," katanya. "Bawanannye mainnya pade ke mane Pan?" Tumben sendirian kayak mata wayang. Ngeliatnya juga asing banget... heh... heh..."
“Pada mudik semua Im... Nyari rejeki masing-masing. Sekarang jaman masing-masing..."
"Di mane orang buang rejeki Pan?"
"Di kantor polisi kah."

Sampai sebegitu Ali Topan diam. la makan sebuah duku, kemudian dengan sigap pandangannya diarahkan ke seseorang berbadan tegap dengan mata tajam sedang memandangnya dari ujung lorong, orang itu kaget. Tapi rasanya dia lihai. Segera dia melengos ke arah lain sambil tangannya mengusap-usap baret merah lusuh sewarna dengan baret RPKAD di kepalanya.

Hati Ali Topan berdetak. Dia jengah sedang dikuntit orang. Sekejap diamatinya itu orang. Berbadan tegap kekar namun agak pendek. Sekitar 165 cm. Rambutnya gondrong berikal. Kumisnya Fu Man Chu punya. Bajunya kain kaki coklat model tentara, agak kombor. Celananya jeans Levi's baru.

Orang itu menengok sekilas ke Ali Topan. la menyulut rokok GG. Matanya agak sipit seperti mata Cina. Tapi profil mukanya seperti Indo. Kesan Indo itu dipertebal dengan cambang brewok yang kasar di kedua pipinya.

Siapa gerangan? Pikir Ali Topan. Tiba-tiba ia ingat. Orang itu ada di antara pengerumun kaset obe, saat ia mencengkeram leher engko Ceng. Dan orang itu memang menatapnya tajam, walau sekilas, saat itu.
"Aaah, gue cabut dulu, Ja'im! Makasih dukunye...," kata Ali Topan. la sengaja berkata keras.
"Kaga mau bawa setengah kilo, Pan... he... he ...” kata penjual buah. Ia ketawa renyah,. nadanya nada Betawi, model Benyamin S.

Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar: