Jumat, 03 Oktober 2008

Ali Topan Anak Jalanan (23)


Tina tertegun. Wajahnya mendadak cerah.
"Eh, die dateng juga? Boleh deh gue bikinin. Tapi, ngomong-ngomong, die udah punya cewe apa belon sih Vaert? Siapa sih ceweknya?"
"Lu naksir dia? Jangan macem-macem lu. Ngaca dong, ngaca... umur lu berape, Tin..."
"Kalau gua naksir emang kenape? Nggak boleh? Itu hak gue dong. Hak asasi! Lu kan juga naksir temen gua. Gantian boleh dong ..."
tina menyeringai ke adiknya. Gevaert mikir.
“Sape temen lu yang gua naksir? Tampang udah kaya oplet semua begitu ..."
"Ngepet lu!"

Gevaert ketawa. Tina juga ketawa. Mereka akrab sebab kakak-adik, walaupun tampaknya sering bertengkar.

Tina, mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Romusha, memang rada cerewet, sedangkan Gevaert suka usil.
"Uh, teman-teman gue di Romusha banyak yang naksir Ali Topan deh Vaert. Anaknya keren banget sih."
“Temen-temen lu udah pada ngaca apa belon? Kalau tampangnye masih kayak oplet sih lu bilangin, suruh pergi ke bengkel Chow Brothers dulu supaya dipermak. Sorry aje, gang kite nggak terima cewek opletan!"
"Ih, sadis deh lu! Ntar gue bilangin sama si Poppy baru tahu lu."
Poppy itu kawan se-fakultas Tina yang ditaksir Gevaert. "Wauuuuw, jangan dong, sayaaang. Kalau si Poppy sih barang mulus tuh. Pokoknya bakal bini gua dia. Lu bilangin, gua larang dia naksir-naksir orang lain. Tunggu lamaran gue aje, ye? Heh heh heh. "
Tina tertawa manis mendengar ucapan adiknya.
"Tapi tuker sama Ali Topan dong. Poppy buat lu, Ali Topan buat gua," kata Tina.
"Eh, lu serius nih?"
"Dua rius... Tampangnya hensem, tongkrongannya macho, babenya kaya... Woow! Gue mau deh langsung kawin ha.. ha.. ha..!"
Gevaert tiba-tba serius menatap mata Tina. Kakaknya heran. "Kenape lu ? Nggak setuju kalo gue kawin sama sahabat lu? Kan asyik dia jadi abang ipar lu... Dan lu manggil dia Bang Ali.. Eh, Bang Ali ! Bang Ali ! Kayak kalo kita manggil Gubernur... hi hi hi hi..," celotah Tina. Gevaert menggaruk-garuk kulit kepalanya. "Entar kalo die dateng lu jangan sekali-kali ngomong soal babe atau nyaknye! Die kagak demen...," kata Gevaert.
"Lho, kenape? Emang die anak pungut “tanya Tina. "Udah deh... pokoknya sedih deh setorinye..."' kata Gevaert.
Terdengar deru motor masuk halaman.
"Tina! Tolong suruh masuk die!" teriak Gevaert. Tina berlari ke pintu. Dia sibak gorden, melihat keluar.

Ali Topan tampak memarkir motornya. la menggeraikan rambutnya yang gondrong. Kemudian berjalan ke pintu. Tina memperhatikannya. Hati Tina mpot-mpotan. Ali Topan memijit bel pintu.
Tina membukakan pintu. Tina tersenyum maniiis. "Haiii apa kaaabaaaar . ..," sapa Tina.
"Sip sip aje, Tin. Si Gevaert ada?" tanya Ali Topan. Wajahnya netral.
Tina menunjuk ke arah kamar adiknya.
Gevaert muncul di pintu. "Masup, Pan! Jangan kelamaan lu di situ, ntar Mpok gua naksir!" kata Gevaert. Tina tersipu-sipu. Wajahnya yang putih mendadak dironai warna merah. Darah naik ke wajahnya.
"Ah, becanda lu, Vaert!" kata Ali Topan.
Dia menengok Tina. "Terima kasih dibukain pintu, Tin," katanya. Tina tak menjawab. Dia masih malu atas olok-olok Gevaert.
Ali Topan berjalan masuk ke kamar Gevaert. "Tampang netral banget, Pan. Semua beres?" tanya Gevaert.
"Gua sih beres. Yang laennya kagak... Gua lagi males belajar, mack. Gua males ngapa-ngapain," kataAli Topan.
“Nggak ape-ape, yang penting lu dateng. Mpok gue gue suruh bikin kupi. Ntar lagi juga anjing-anjing dateng."
selesai Gevaert bicara, terdengar suara motor di halaman lagi. "Noh, mereka. Bener apa kagak gua!" kata Gevaert.
Bobby dan Dudung memang datang. Mereka memarkir motornya di dekat motor Ali Topan. Keduanya langsung masuk ke rumah.
"Salam lekuuuum," Dudung memberi salam.
“lye, lekum salaaam! Masup aje masuuuup!" Gevaert teriak dari dalam kamarnya.
bobby dan Dudung masuk ke kamar Gevaert.
"Hei njing! Sepi banget rumah lu! Mami lu lagi pergi ya' kata Bobby.
'Lagi nglayab dia," jawab Gevaert.
Bobby melihat ke Ali Topan yang duduk tenang di lantai. "eh lu? Ampir gue nggak lihat. Sorry boy," katanya. “Sori, sorrii," kata Dudung membeo Bobby. Dia menyalami tangan Ali Topan dan Gevaert dengan gaya khas orang Kuningan, dengan dua tangan. Ali Topan menjabat tangan Dudung sekilas saja. Tiba-tiba terbayang foto-toto mamanya di kolam renang...
"Wah, kelihatannya kurang semangat, Pan. Ada kasus apa nih? Broken home?" kata Dudung. Dia membanyol. Ali Topan tersenyum. la coba menetralkan perasaanya lagi. "Brokentut!" katanya.
Sobat-sobatnya ketawa. Tina datang bawa kopi.
"Ck ck ck. Serpisnya kagak tahan. Cepet betul. Memang mpok kite ini berhati beludru ibarat katanya," kata Bobby. "Aah... jangan ngerayu lu Bob. Gua bukan cewek rayuan," kata Tina. Dia toh tersenyum. "Cewek panggilan!" Ali Topan nyeletuk.
Tina membelalak. Tangannya goyang, baki di tangannya ikut goyang, kopi hampir tumpah. Tapi Ali segera tersenyum. Dan itu cukup mengobati.kak Tina mendengar olok-olokan tadi.
"Terima kasih, Tin," kata Ali Topan. "Kembali kasih," kata Tina.
Tina keluar.
Dudung, Bobby dan Ali Topan langsung mengambil gelas kopi masing-masing.
"Uw, panas mack," kata Bobby.
"Makanye, sabar dikit. Jangan kayak orang ngga kenal kupi aje, mack," kata Gevaert. "Ngomong-ngomong, ternyata besok kita ada ulangan nih. Gua mau studi," kata Gevaert lagi.
"Kelas kita sih nggak ulangan ya Bob?" kata Ali Topan "Minta-minta sih nggak ada. Tapi siapa tau? Guru-guru kita makin nambah aje nyentriknye. Suka ngasih ulangan tanpa bilang dulu. Siap-siap aje ah. Aljabar ya Vaert?" Bobby menjumput buku 1lmu Aljabar dari meja. Dudung ikut-ikutan melihat Aljabar.
Ali Topan tenang-tenang menyulut rokok.
Dia merasa capek. Pikirannya penuh ketegangan yang dibawa dari rumahnya.
Sampai jam setengah satu mereka berkumpul di situ. Lantas mereka pamit.
Bulan temaram. Ali Topan mengandaarai motornya perlahan-lahan. Perasaan dan pikirannya melayang seperti malam.(bersambung)

Sumber: kompas.com

Tidak ada komentar: